KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah SWT.Berkat bimbingan
serta petunjuk-Nya kami bisa menyelesaikan makalah ini.Adapun judul makalah ini
adalah “Perangkat Keras dan Lunak Basis Data Dalam Sistim Informasi Manajemen”.Kami
menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen
Pembimbing dalam mata kuliah Sistim Informasi Manajemen.
Meskipun pembuatan makalah ini telah selesai, namun kami menyadari bahwa
makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan.Oleh
karena itu kami masih mengharapkan bimbingan dari Dosen Pembimbing, serta
kritik dan saran dari teman – teman sekalian.
Padangsidimpuan, September 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................................... 1
Daftar Isi......................................................................................................................................... 2
BAB
I
Pendahuluan
A. Latar
Belakang.................................................................................................................... 3
B. Rumusan
Masalah............................................................................................................... 3
C. Tujuan................................................................................................................................. 3
BAB
II
Pembahasan
A.
Hardware.......................................................................................................................... 4
B.
Software........................................................................................................................... 9
BAB
III
Penutup
A. Kesimpulan......................................................................................................................... 14
B. Kritik
dan Saran ................................................................................................................. 14
Daftar
Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas.
Bahkan dalam sistim informasi, computer sudah sangat
dibutuhkan pada masa sekarang ini.Maka dari itu pemakalah ingin membahas
tentang mengenai perangkat keras dan perangkat lunak dalam computer.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan Hardware ?
2. Apa yang dimaksud dengan Software ?
C. Tujuan Perumusan
1. Agar pembaca mengetahui apa tu hardware
dan bagaimana fungsi nya ?
2. Agar pembaca mengetahui apa itu software
dan fungsinya ?
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Perangkat Keras
Hardware adalah komponen fisik yang yang
digunakan untuk aktivitas input, proses, output, dan penyimpanan pada suatu
system computer. Komponen hardware terdiri dari :[1]
1.
Input Device
2.
Process Device
3.
Output Device
4.
Storage atau memory
1.
Input Device
Input device adalah alat alat yang
digunakan untuk proses pemasukan data/ informasi kedalam computer. Jenis jenis
peralatan masukan adalah sebagai berikut :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol
pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki
beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai
input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat
ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c.
Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari.Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse.Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
d.
Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar.
2. Process
Device[2]
a.
Power
Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU
power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk
digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja
komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup
bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya
400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan
Periferal ( unit tambahan).
b.
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
c.
Kartu
grafis (unit
keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi
untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
Kartu
grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada
slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain,seperti
menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4,
FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang
membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
d.
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah
otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan
kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet,
memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
e.
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai
komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata
mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor,
kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak
ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat
dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
3. Output
Device
a.
Monitor
Monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan
pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai
dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis
dengan layar datar (flat).
b.
Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya.Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis
Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c.
Speaker
Speaker
di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4.
Backing
Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive
(HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan
magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia
adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama
piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau
0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute)
dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Data yang disimpan dalam harddisk tidak
akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk,
biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data
yang dapat ditampung.ssDalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi
semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar.
Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal)
tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan
kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
B.
Perangkat Lunak
a) Pengertian software
Software disebut dengan perangkat
lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer
dalam menjalankan pekerjaannya.Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Kebanyakan masyarakat saat ini
membagi komputer menjadi dua bagian .Bagian pertama adalah hardware yang
merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang kedua
adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus
dilakukan dan bagaimana melakukannya.
Sebagian besar dari software
komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman.Programer
menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang
digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan
perbincangan.Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”.Program
komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan
kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh
komputer.Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
b) Aplikasi dan Program
Secara umum, ada dua jenis
software.Pertama adalah software aplikasi.Software aplikasi adalah software
yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk
teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya.Kedua adalah
software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua
software aplikasi berjalan .Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS,
dan sebagainya.
Menurut
cara memperolehnya (harga beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware.Software yang bersifat freeware
dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta
pengguna.
Jenis
yang kedua adalah shareware.Shareware adalah software yang dapat digunakan
tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai,
pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut
(dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut.
Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan
sebagainya.
Ketiga, propietary software.
Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli
di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya.Propietary
software sangat dibatasi oleh hak cipta.
Jenis keempat yang mulai populer
adalah open source software.Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open
source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah
sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya
maupun yang telah kita ubah. Berikutnama software dan penggunaannya :
1. Xing
MPEG
Player :
memutar CD, VCD
2. Linguist
kamus :
bahasa inggris
3. Winamp :
memutar lagu - lagu MP3
4. Total
Fonts 2002 :
koleksi jenis huruf
5. Microsoft
Word :
pengetikan
6. Microsoft
Excel :
pembuatan tabel – tabel
7. Microsoft
Front
Page :
pembuatan web site
8. Microsoft
Power Point :
pembuatan presentasi
9. dll
c) Identifikasi jenis jenis software[3]
1. Sistem
Operasi Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer
pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem
operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface)
yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical
User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating
Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol.
Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000,
NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2. Program
Bantu dan Program Tambahan Program bantu (utility) merupakan program yang
digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem
operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari
program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem
jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang
dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system)
menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser).
Netware, Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3. Bahasa
Komputer (Computer Language) Computer Language merupakan bahasa yang digunakan
untuk membuat program komputer. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low
Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya
dapat dimengerti oleh pembuatnya.
b. High
Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata
yang mudah dimengerti.
Ada
pula beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software
Games Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan,
software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs
(Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games,
roleplaying games, and game petualangan.
b. Software
Driver Program ini mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan
perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software
Pendidikan berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini
dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan
seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
d. Media
player dan pengembangan software media lainnya – Software yang dibuat untuk
dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software
Produktifitas Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif
baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.
Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software
pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
f. Operating
sistem software yang merupakan sumber dari software lainnya yang
dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software
operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos
dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.
g. Software
Aplikasi Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada,
dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna)
contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis
(Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software
Program Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program
(Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web
dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll
i.
Software Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah
pengoperasian komputer.
d) Bahasa Pemograman
Berikut adalah macam bahasa pemrograman lain yang perlu anda
ketahui : \
1. Bahasa
Mesin
2. Bahasa
Rakitan
3. Bahasa
Prosedural
4. Bahasa
Tidak Terprosedural
5. Bahasa
Pemograman Natural
6. Bahasa
Pemograman Visual
7. HTML
8. XML
9. VRML
10. Bahasa
Pemograman Berorientasi Objek
e) Sistem
Operasi[4]
Dalam
Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau
OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan
manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan
software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem operasi-sistem operasi utama
yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi
menjadi 3 kelompok besaryaitu :
a. Keluarga
Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment
(versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan
Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows
Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun
2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun (2014)
b. Keluarga
Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX,
keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis
kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
c.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk
komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi
yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan
peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan Super
komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya
merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor
seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Hardware adalah komponen fisik yang yang
digunakan untuk aktivitas input, proses, output, dan penyimpanan pada suatu
system computer. Komponen hardware terdiri dari :
1.
Input Device
2.
Process Device
3.
Output Device
4.
Storage atau memory
Software disebut dengan perangkat
lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer
dalam menjalankan pekerjaannya.Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Komponen
software antara lain :
1.
Operating System
2.
Application Program
3.
Language Program
B.
Saran
Demikian
makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.Apabila ada saran
dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada kami.
Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf, alfa dan lupa.
Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf, alfa dan lupa.
DAFTAR PUSTAKA
Pengantar
Teknologi Informasi , Sutarman, S.kom, M.kom, Jakarta:Bumi Aksara, 2009
Sistim
Informasi Manajemen, George M.Scoot, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 1994
No comments:
Post a Comment